Media Pembelajaran

Jawaban UAS Media Pembelajaran

Nur Faizah

106011000140

(PAI/UIN SYAHID)

1. Topik: Berakhlak terpuji terhadap lingkungan flora dan fauna

Pokok Materi:

Berakhlak terpuji terhadap lingkungan flora dan fauna merupakan salah satu kewajiban umat Islam untuk berperilaku baik terhadap flora dan fauna dengan cara pemeliharaan, pelestarian, dan perawatan flora dan fauna secara baik serta dapat memanfaatkan keduanya secara baik pula.

Media: audio visual gerak

Alas an pemilihan media karena pada pembahasan ini diperlukan visualisasi dan gerakan agar materi yang disampaikan dapat mencapai tujuan belajar yakni siswa dapat menerapkan perilaku terpuji terhadap flora dan fauna dalam kehidupan sehari-hari dengan penampilan audio visual gerak ini. Visualisasinya pun memerlukan warna-warna agar penyampaian pesan dapat lebih menarik. Siswa juga perlu memegang kontrol terhadap kecepatan belajarnya. Media yang digunakan tentunya harus fleksibel sehingga dapat digunakan pada pelajaran apapun dan harus disesuaikan dengan isi materi dan tujuan pembelajaran tersebut serta mudah diedit karena penggunaan media harus disesuaikan dengan kurikulum yang ada yang mana kurikulum dapat berubah sewaktu-waktu.

2. E-learning adalah bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet, maksudnya peserta didik dan pengajar sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar, diskusi, penugasan, latihan dan ujian serta kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet.

Aspek positif dari e-learning:

  1. siswa yang ingin sekolah di luar negeri dengan tidak tinggal di luar negeri, dapat memanfaatkan pembelajaran melalui e-learning ini dengan proses pendidikan jarak jauh tanpa adanya tatap muka antara guru dan murid.
  2. e-learning ini focus pada pembelajaran yang lebih luas yang mengungguli paradigma tradisional dalam pelatihan.
  3. bagi kalangan yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak dapat mengikuti proses pembelajaran secara konvensional, maka dapat digunakan model pembelajaran jarak jauh ini.
  4. pembelajaran e-lerning ini terkadang dibuat lebih menarik dengan menggunakan games yang dapat mengasah kompetensi yang siswa miliki.

Aspek negative dari e-learning:

  1. kurangnya interaksi social antara guru dan murid sehingga di antara keduanya tidak ada keterbukaan.
  2. guru tidak dapat menanamkan nilai-nilai moral secara langsung terhadap muridnya.
  3. biaya yang digunakan relative mahal.

Penerapan e-learning di Indonesia masih terbilang sedikit yakni hanya beberapa sekolah yang dianggap unggul dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran saja yang bisa menggunakan pembelajaran e-learning dan tentunya dengan orang-orang yang ekonominya menengah ke atas, karena di Indonesia ini masih banyak embaga pendidikan yang lebih memilih model pembelajaran konvensional atau tatap muka di mana di dalamnya terjadi interaksi social antara guru dan murid.

3. Potensi media diantaranya:

a.  Membuat konsep yang abstrak menjadi konkrit, misalnya untuk menjelaskan system peredaran darah maka dalam hal ini dapat digunakan patung anatomi organ tubuh manusia.

b.  Membawa objek yang berbahaya dan sulit untuk dibawa ke dalam kelas, seperti binatang buas, bola bumi, dan sebagainya. Ini dapat digunakan visualisasi ataugamabar-gambar.

c.  Menampilkan objek yang terlalu besar, seperti candi Borobudur, yaitu dengan menggunakan gambar atau foto dari candi Borobudur.

d. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang, seperti micro-organisme yakni dengan menggunakan mikroskop.

e. Mengamati gerakan yang terlalu cepat, misalnya dengan slow motion.

f. Memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan lingkungannya.

g. Memungkinkan keseragaman pengamatan dan persepsi bagi pengalaman belajar.

h. Membangkitkan motivasi belajar siswa.

i. Memberi kesan perhatian individual untuk seluruh anggota kelompok belajar.

j. Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan yakni dapat digunakan pemutaran ulang seperti melalui vcd.

k. Menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak, mengatasi batasan waktu dan ruang.

l. Mengontrol arah maupun kecepatan belajar siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: